Minggu, 06 Februari 2011

sang pencerah

"fisiknya memang tak sempurna, tapi semangatnya memperjuangkan agama melebihi semangat orang yang sempurna"

Itulah yang tergambar dari sesosok lelaki kurus yang sering dipanggil mas Yucham. Seseorang yang kurang sempurna secara fisik (polio-red) namun memiliki semangat yang sangat besar dalam syiar islam. beliau selalu mengajari mengaji anak didiknya semenjak saya sd (15 tahun silam) sampai sekarang. dia tak pernah kenal lelah. setiap sore hari,ia selalu berjalan menuju balai muslimin dimana ia mengajari ngaji.tak kenal lelah, panas hujan pun tak dihiraukan lagi demi anak didiknya agar senantiasa belajar mengaji. 2 kilometer ditempuh untuk menuju tempat itu, walaupun dengan kaki yang terpincang-pincang, namun ia tetap menikmati pekerjaan mulia itu.

ya, tak banyak dari kita yang mau untuk mengajar ngaji,bahkan hanya untuk mengajari ngaji anak kita sendiri. kita lebih prefer untuk menyekolahkan ngaji anak kita di TPA terdekat dengan alasan efektif maupun kepraktisan yang lain.

namun, dimata seorang Yucham semua itu menjadi sebuah kebutuhan. kebutuhan akan membagi ilmu dalam hal tadjwid, hafalan al qur'an maupun membaca secara fasih pada anak didiknya.


Tidak ada komentar: