Rabu, 21 Januari 2009

Kalau Saja

KALAU SAJA

Awal 2000, Laura, seorang kawan saya menerawang,”Kalau saja punya apartment berkolam renang, aku akan berenang tiap pagi, tak cukup seminggu sekali seperti sekarang. “Jreeng, tiga tahun kemudian, setelah memiliki apartment di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ia justru melapor,”Percaya nggak, dua tahun tinggal di sini, belum pernah sekalipun aku berenang di kolam di bawah itu!”

Tak aneh, karena saya pun pernah mengalami pengalaman yang serupa dengan Laura. Awal 2003, saya sempat berangan-angan dalam hati, ”Kalau saja punya kamera digital, pekerjaan saya sebagai pencari berita tentu jadi lebih mudah”. Kebetulan, di akhir tahun, seorang teman menghadiahi saya sebuah kamera digital.

Tapi apa yang terjadi? Ternyata saya baru memakai kamera digital itu setahun kemudian, ketika bertugas ke negara tetangga. Sebelum itu, saya tetap setia pada kamera saku dan SLR analog dengan film dan slide yang oleh banyak orang kini dianggap merepotkan dan jauh lebih lebih boros.

Saat kanak-kanak, saya pun pernah berandai-andai, kalau saja masih punya bapak seperti anak-anak lainnya, tentu kehidupan kami lebih baik. Bisa punya mobil pribadi, tamasya sekeluarga, kemana-mana ada yang mengantar, dan tak dilarang ini-itu oleh ibu dengan alasan, siapa nanti yang membela kalau ada apa-apa? Ah...

Tapi pengandaian saya luruh ketika Aisya, teman sebaya saya di SMP berkomentar, ”Kamu beruntung hidup prihatin karena bapakmu memang sudah meninggal. Sementara aku sakit hati. Bapak meninggalkan aku dan ibu untuk kawin lagi!” Ya, Aisya sempat setahun menunggu, usai lulus SD, sebelum para pamannya patungan untuk menyekolahkannya lagi.

Kita memang kerap berkhayal memiliki sesuatu yang kita anggap perlu. Tapi begitu dalam geggaman, kita menyia-nyiakan, atau lupa menikmatinya. Tanpa pernah tersadar, kadang semuanya hanya sebatas nafsu. Yang tak ada habis-habisnya jika dijadikan dasar untuk berandai-andai.”Perang terbesar adalah melawan hawa nafsu”.

Adapted From: intisari, Juni 2008

1 komentar:

Anonim mengatakan...

like this